Jumat, 28 Juli 2017

Ini alasan hari diabetes sedunia diperingati tanggal 14 November

Ini alasan hari diabetes sedunia diperingati tanggal 14 November,- Seperti yang kita tahu bahwa hari ini dunia kesehatan tengah memperingati hari diabetes sedunia. Tema hari diabetes dunia kali ini adalah "healthy living start at breakfast". Sarapan yang sehat akan membantu mencegah kadar tinggi gula darah dan menjaga kita untuk tetap berenergi sepanjang hari. Tapi tahukah kamu, mengapa tanggal 14 November diperingati sebagai hari diabetes sedunia?

Kembali mengenang kisah perjalanan hari diabetes sedunia, ini pertama kali diperkenalkan oleh organisasi kesehatan dunia, WHO (World Health Organization) dan International Diabetes Federation (IDF). Kampanye kesadaran diabetes ini diperkenalkan di tengah kekhawatiran akibat meningkatnya kasus penderita diabetes.

Lalu mengapa hari diabetes sedunia di peringati setiap tanggal 14 November? Ini karena tanggal 14 November adalah hari penting di mana Frederick Banting berhasil menemukan insulin, yang sangat berharga bagi para penderita diabetes.

Frederick Banting menemukan menemukan insulin bersama dnegan rekannya Charles Best pada tahun 1922. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh sekelompok sel di dalam pankreas yang disebut dengan Langerhans.

Fungsi utama insulin adalah mengatur tingkat gula (glukosa) dalam darah. Insulin berfungsi menginformasikan sel untuk membuka sehingga mereka bisa menyerap glukosa dari darah dan dapat menggunakannya sebagai bahan bakar untuk energi. Jika glukosa tidak bisa masuk dalam sel, organ tubuh tidak akan memiliki bahan bakar dan gagal untuk bekerja.

Logo hari diabetes adalah lingkaran biru, dan pada awalnya simbol ini digunakan untuk kampanye resolusi PBB tentang diabetes. Simbol lingkaran dipilih karena melambangkan kesatuan. Sedangkan warna biru yang dipilih untuk warna lingkaran mencerminkan warna langit dan bendera PBB. Sedangkan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) adalah organisasi persatuan antar negara.

Author: Syilviana Saputri

Hello, I am Author, decode to know more: In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

TOP